Prinsip-Prinsip Penulisan Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah

Prinsip-Prinsip Penulisan Daftar Pustaka untuk Karya Ilmiah

Daftar pustaka merupakan sebuah daftar yang tidak bisa diremehkan fungsinya dalam sebuah karya ilmiah. Daftar ini memuat informasi sumber yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan karya ilmiah Anda. Berikut adalah prinsip-prinsip penulisan daftar pustaka untuk karya ilmiah yang baik dan benar.

Urutan Daftar Pustaka

Pembuatan daftar pustaka tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Daftar pustaka harus dituliskan dalam urutan yang benar. Urutan daftar pustaka adalah nama, tahun terbit, judul, kota terbit, dan nama penerbit. Urutan ini berlaku untuk sumber yang berupa buku dan jurnal.

Selain dari buku dan jurnal, Anda bisa mengambil data dari internet. Cara menulis daftar pustaka jika sumber didapat dari internet juga berbeda. Sumber dari artikel di internet bisa dituliskan dengan urutan nama penulis, tahun penayangan, judul artikel, URL, dan tanggal pengambilan.

Aturan Penulisan Nama

Nama penulis dituliskan dalam susunan terbalik. Nama belakang ditulis lebih dahulu kemudian dipisahkan tanda koma baru nama depan penulis. Jika ada dua penulis atau lebih, maka nama penulis kedua dan nama penulis berikutnya tidak perlu dibalik. Semua gelar tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.

Peraturan Penulisan Judul

Judul buku dituliskan secara lengkap dan harus dicetak miring. Jika sumber diambil dari jurnal ilmiah, maka judul jurnal tidak perlu dicetak miring. Bagian yang dicetak miring adalah nama jurnalnya. Sementara itu, judul artikel dari internet juga tidak perlu dicetak miring tetapi diberi tanda kutip.

Penyusunan Daftar Pustaka

Daftar pustaka disusun secara urut berdasarkan urutan abjad. Jika satu sumber terdiri dari dua baris maka diketik dengan menggunakan satu spasi. Sementara itu jarak dari satu sumber ke sumber yang lain dipisahkan memakai dua spasi.

Baris pertama pada sumber satu ditulis tepat dari tepi atau margin. Jika sumber tersebut membutuhkan dua baris maka baris kedua ditulis menjorok tujuh ketukan. Begitu seterusnya sampai semua sumber tercantum di daftar pustaka.

Itulah prinsip penulisan daftar pustaka yang harus Anda tahu. Pastikan Anda menulis daftar pustaka dengan baik dan benar. Menulis daftar pustaka dengan benar adalah bukti bahwa Anda profesional dalam menulis dan menghargai hasil karya orang lain.