Tips Desain Logo untuk Mendongkrak Branding Bisnis

Bagi sebuah bisnis, keberadaan logo sangatlah penting. Logo memegang peran vital dalam setiap aktivitas perusahaan, utamanya dalam memperkuat branding. Dengan tips desain logo yang kami berikan, bisnis Anda akan lebih mudah mendapatkan atensi dari masyarakat. Brand awareness pun dapat terbentuk dengan cepat dan melekat di hati konsumen.

Coba Anda perhatikan logo McDonald’s. Sekilas, logo ini tampak sangat sederhana. Lengkungan kuning menyerupai huruf M dengan latar belakang merah. Tapi logo ini justru sangat efektif dalam memperluas branding perusahaan. Siapa pun yang melihat logo ini pasti langsung teringat pada McDonald’s. Hebat bukan?

McDonald’s hanyalah salah satu contoh logo yang berhasil memenuhi fungsinya. Untuk membuat logo yang kuat seperti McDonald’s dan bisnis-bisnis besar lainnya, silahkan simak beberapa tips yang kami rangkum di bawah ini.

 

Tips Desain Logo yang Efektif untuk Branding

  • Gunakan Gambar yang Relevan

Logo yang baik harus dapat mencerminkan bisnis Anda. Salah satu tips desain logo yang representatif adalah dengan mencantumkan gambar ke dalam logo Anda. Gambar memang efektif dalam menyampaikan pesan, khususnya dalam sebuah logo yang harus dibuat sesederhana mungkin.

Gambar yang Anda pilih harus relevean dengan aktivitas bisnis Anda. Barang atau jasa apa yang Anda tawarkan dan apa yang Anda unggulkan dari bisnis Anda? Semua itu harus bisa dirangkum ke dalam gambar yang Anda cantumkan dalam logo.

  • Pilih Warna Solid dan Kontras

Tips desain logo yang kedua terkait dengan penggunaan warna. Untuk membuat logo, warna-warna solid lebih disarankan. Pertama, warna solid terlihat lebih kuat, tegas, dan simple, sehingga sesuai dengan karakter logo. Kedua, warna solid lebih mudah untuk diaplikasikan ke media karena bisa diperbesar, diperkecil, atau digambungkan dengan gambar lain.

Warna-warna yang Anda pilih juga harus kontras atau saling berlawanan. Seperti logo McDonald’s misalnya, kombinasi warna merah dengan kuning terlihat sangat jelas dan kuat. Bayangkan jika warna merah McDonald’s diganti dengan warna oranye, tentu efeknya tidak sekuat sekarang.

  • Sisakan Ruang Kosong

Jangan membuat logo terlalu ramai! Di tips desain logo mana pun, faktor simplicity atau kesederhanaan selalu ditekankan. Jangan memasukkan terlalu banyak elemen ke dalam logo karena hal ini justru akan membuat logo Anda terlihat kurang rapi. Selain itu, terlalu banyak elemen akan memaksa Anda untuk memperkecil banyak bagian sehingga kurang efektif untuk branding.

Berikan ruang kosong dalam logo Anda dan buat ukuran yang cukup besar untuk elemen-elemen di dalamnya. Lihat saja McDonald’s hanya satu huruf M berwarna kuning dan latar belakang merah. Sisanya dibiarkan tetap kosong sehingga orang akan langsung memusatkan perhatian pada huruf M yang ditekankan di sana.

 

Logo yang Ideal adalah Kunci Branding Bisnis

Itulah tiga tips penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat logo. Jika Anda kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa desain logo murah yang menawarkan hasil berkualitas tinggi. Seperti yang kami kutip dari ynetsolution.com, logo sangat dibutuhkan bagi perusahaan, terutama dalam membuat company profile. Gunakan tips desain logo yang baru saja Anda pelajari untuk membuat logo yang kuat dan efektif untuk branding bisnis.