Mengenal Lebih Jauh Mesin Glue Binding (Mesin Binding Buku)

Dalam dunia percetakan, salah satu mesin yang umum dipergunakan adalah mesin binding buku. Anda pastinya sering menemukan buku hasil jilidan mulai dari buku bacaan favorit hingga laporan tahunan di kantor Anda. Namun, apa sebenarnya mesin yang dipergunakan untuk tujuan ini?

Mengenal Mesin Glue Binding

Mesin ini dikenal dengan berbagai nama salah satunya adalah mesin binding buku. Mesin binding buku adalah alat yang dipergunakan untuk menyatukan tumpukan kertas menjadi bagian yang tidak terpisahkan, contohnya seperti buku. Hal ini dapat dilakukan secara manual, namun untuk hasil yang lebih rapi professional, dipergunakan mesin ini.

Jenis mesin binding buku yang dipergunakan sangat beragam, salah satunya adalah mesin jilid lem panas. Ukurannya sangat bervariasi mulai dari yang berukuran  kecil dengan sistem sederhana yang dapat dipergunakan untuk usaha fotokopi kecil, hingga mesin besar yang dilengkapi dengan ragam fitur untuk usaha percetakan besar. Terlepas dari variasi mesin yang ada, semuanya memiliki satu kesamaan yaitu aplikator lem. Aplikator inilah yang bertugas mengaplikasikan lem pada bagian spine buku sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Mesin binding buku dapat dipergunakan untuk menjilid buku, komik, tugas akhir, laporan tahunan, katalog, album, dan juga majalah.

Jenis Mesin Glue Binding

Jenis mesin binding buku dapat dibedakan berdasarkan jenis lem yang dipergunakan. Tersedia 2 jenis lem yang umum dipergunakan untuk mesin ini yaitu:

Hot Melt Glue atau Lem Panas

Mesin binding yang menggunakan lem tipe ini disebut juga dengan nama mesin jilid lem panas. Mesin ini menggunakan lem EVA (Ethylene Vinyl Acetate). Lem tipe ini terbilang paling ekonomis dan menjadi pilihan banyak pelaku usaha. Lem EVA dapat dimasukkan ke dalam mesin dan dipanaskan secara berulang sesuai kebutuhan. Mesin jilid lem panas ini memiliki keterbatasan untuk menjilid kertas cetak digital serta kertas dengan lapisan khusus, karena lapisan pada kertas menjadi penghalang bagi lem untuk dapat masuk ke dalam serat kertas.

Lem PUR

Keterbatasan pada mesin jilid lem panas dapat disiasati dengan menggunakan lem jenis lain yaitu lem PUR (Polyurethane Reactive Adhesive). Jenis lem yang satu ini memiliki kekuatan 3-4 kali lipat dari lem EVA dan dapat dipergunakan untuk menjilid kertas dengan lapisan khusus.

Terlepas dari harga lem PUR yang lebih tinggi dibandingkan lem EVA, jenis lem ini semakin populer karena menawarkan berbagai keuntungan. Dari segi kekuatan yang lebih hingga kemampuannya untuk dapat didaur ulang membuatnya banyak dicari konsumen.

Maxipro Sedia Aneka Jenis Mesin Glue Binding

Setiap jenis mesin binding buku seperti mesin jilid lem panas memiliki area penggunaan masing-masing. Untuk setiap kebutuhan yang berbeda, Maxipro menawarkan mesin yang tepat. Harga mesin glue binding Maxipro yang kompetitif didukung dengan aneka penawaran menarik membuatnya menjadi tempat terbaik untuk kebutuhan mesin jilid dan segala jenis mesin percetakan lainnya.