Metode Yang Dapat Diterapkan Oleh Pihak Manajemen Untuk Me-review Performa Karyawan

Seperti yang sudah diketahui bersama, kondisi perekonomian selalu mengalami perubahan yang bahkan dapat terjadi secara tiba-tiba. Di sinilah perusahaan membutuhkan kejelian dalam menghadapi tantangan tersebut jika masih ingin bertahan. Salah satu faktor yang selalu dan harus dipersiapkan perusahaan adalah adaptasi atas perkembangan teknologi yang selalu dan pasti terjadi, yang pada dasarnya dapat menjadi keuntungan atau bahkan menjadi sebuah tantangan, semua itu kembali lagi kepada para pihak-pihak yang menjalankan perusahaan.

Perusahaan diharapkan harus mampu merespon setiap perubahan yang terjadi, serta kesiapan sumber daya manusianya (SDM). Sederhananya, perusahaan diharapkan dapat beradaptasi. Tanpa sumber daya yang mumpuni, perusahaan akan kehilangan semangat dan tidak dapat berkembang secara normal. Tentunya setiap perusahaan perlu menyediakan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhannya. Di sinilah peran performance evaluation muncul.

Performance Evaluation merupakan sebuah penilaian formal di mana para manajer akan mengevaluasi kinerja kerja para karyawan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menawarkan umpan balik, serta menetapkan tujuan untuk kinerja masa depan.

Pihak manajemen perusahaan dituntut untuk dapat memonitor performa yang karyawan hasilkan di dalam organisasi. Nah, berikut adalah beberapa metode yang dapat diterapkan oleh pihak manajemen untuk me-review performa para karyawannya.

 

1. Comparison or ranking method

 

Metode ini mengharuskan setiap orang atau beberapa karakteristik seseorang atau kinerja seseorang untuk dibandingkan dengan setiap karyawan lainnya, dengan hasilnya kemudian digunakan untuk menghasilkan urutan peringkat untuk semua karyawan.

2. Standards-based review

Metode ini berkonsentrasi pada karakteristik atau sifat karyawan, daripada kinerja atau perilaku aktual orang tersebut. Metode ini cukup sederhana dan mungkin tidak memiliki banyak validitas, sementara metode yang lain sangat canggih dan sistematis, yang mungkin dengan sendirinya menjadi penghalang untuk adopsi metode standards-based review ini secara luas.

 

3. Results-oriented review

 

Tinjauan kinerja berdasarkan perencanaan dan pencapaian hasil tertentu adalah alternatif utama untuk metode pemeringkatan. Hal tersebut didasarkan pada dua ide. Yang pertama adalah orang-orang yang memahami dengan jelas apa yang ingin mereka capai memiliki peluang lebih baik untuk mencapainya. Sementara yang kedua adalah kemajuan atau peningkatan kinerja hanya dapat diukur atau dinilai dari segi kemajuan atau perbaikan yang orang coba lakukan.

Jika dilakukan dengan benar dan rutin, Performance Evaluation dapat membantu karyawan untuk memahami progres, memperbaiki kinerja, dan bagaimana cara mengambil peranan aktif untuk tujuan perusahaan. Jika Anda sudah memahaminya, maka fondasi Anda dalam membangun bisnis impian Anda semakin kuat.

Dengan fondasi yang kokoh, bisnis apapun yang akan Anda jalankan, dapat dengan mudah Anda control untuk mencapai kesuksesan. Namun jika Anda merasa fondasi bisnis Anda masih membutuhkan “material” lagi untuk memperkokoh fondasi bisnis Anda, Anda bisa temukan berbagai seminar tentang bisnis di